Breaking News
recent

5 Jenis Sertifikat Property Yang Harus Anda Miliki


5 Jenis Sertifikat Property Yang Harus Anda Miliki - Ketika kita ingin membeli sebuah rumah atau property lain, pastinya kita perlu melihat dokumen resmi yang dimiliki. Kita tidak boleh yang namanya gegabah dengan tidak memeriksa dokumen lengkap yang dimiliki property tersebut.

5 Jenis Sertifikat Property Yang Harus Anda Miliki
5 Jenis Sertifikat Property Yang Harus Anda Miliki



Anda harus tahu bahwa property biasanya punya banyak jenis sertifikat, karena itulah anda juga perlu tahu jenis-jenis sertifikat seperti berikut ini:

5 Jenis Sertifikat Property Yang Harus Anda Miliki


1. Sertifikat Hak Milik


Jenis sertifikat property yang pertama adalah sertifikat kepemilikan hak penuh atas lahan atau tanah oleh pemegang sertifikat tersebut. Biasanya SHM ini juga punya bukti kepemilikan yang kuat atas lahan yang bersangkutan, karena memang tidak ada campur tangan atau kemungkinan bahwa lahan tersebut milik orang lain.

5 Jenis Sertifikat Property Yang Harus Anda Miliki
5 Jenis Sertifikat Property Yang Harus Anda Miliki


Hak milik sendiri merupakan hak yang sifatnya turun menurun, terkuat dan terpenuh yang bisa dimiliki oleh seseorang atas tanah yang punya fungsi sosial. Hak miki ini biasanya bisa dijadikan jaminan atau agunan atas hutang maupun peminjaman uang.

2. Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB)


Jenis sertifikat property selanjutnya adalah sertifikat hak guna bangunan dimana pemegang sertifikat tersebut hanya memanfaatkan lahan untuk mendirikan bangunan atau keperluan lain. Tetapi kepemilikan lahan tetap milik negara, jadi bukan hak penuh.

Sertifikat SHBG ini memang memiliki batas waktu tertentu, biasanya 20 hingga 30 tahun kemudian dan bisa diperpanjang. Setelah melewati batas waktunya, anda tentu sebagai pemegang sertifikat harus mengajukan kembali perpanjangan SHGB ini.

Lahan dengan status HGB ini diperbolehkan dimiliki oleh orang asing maupun bukan WNI. Lahan dengan status HGB ini biasanya berupa lahan yang dikelola oleh pengembang untuk dijadikan perumahan, apartemen, dan kadang juga gedung perkantoran.

Jika anda membeli rumah, anda perlu periksa lebih dulu apakah status sertifikatnya? Kalau SHGB, maka anda tidak puunya kuasa atas tanah tersebut dan tidak bisa mewariskan kepada keturunan anda nantinya. Tetapi SHGB masih bisa dijadikan jaminan untuk peminjaman di Bank kok.

3. Sertifikat Hak Satuan Rumah Susun (SHSRS)


SHSRS bisa diartikan juga sebagai kepemilikan atas rumah vertikal atau rumah susun yang dibangun di atas tanah yang memiliki status kepemilikan bersama. Pengaturan kepemilikan bersama dalam satuan rumah susun memberikan dasar kedudukan atas benda yang tidak bergerak.

5 Jenis Sertifikat Property Yang Harus Anda Miliki
5 Jenis Sertifikat Property Yang Harus Anda Miliki


4. Girik


Jenis sertifikat property lain yang bisa anda ketahui adalah Girik, dimana sebenarnya bukan merupakan sertifikat kepemilikan atas tanah melainkan jenis administrasi desa untuk pertanahan yang menunjukkan kekuasaan atas lahan untuk keperluan perpajakan saja.

Dalam girik ini sudah tertera nomor, luas tanah hingga pemilik hak karena jual beli maupun warisan. Girik sendiri harus ditunjang dengan bukti lainnya seperti akta jual beli maupun surat waris yang sah di mata hukum. Jika anda memegang girik, maka sangatlah disarankan untuk segera mengurus sertifikat lahan untuk tanah anda.

5. Akta Jual Beli (AJB)


AJB sendiri bukan sertifikat, melainkan perjanjian jual beli saja, dan merupakan salah satu bukti dalam pengalihan hak atas tanah sebagai akibat dari jual beli yang dilakukan. AJB bisa terjadi dalam bentuk kepemilikan tanah, baik hak milik maupun hak guna bangunan hingga girik.

Bukti kepemilikan berupa AJB biasanya rentan terjadi penipuan AJB ganda, jadi sebaiknya anda segera mengkonversi AJB menjadi sertifikat hak milik saja.

Itulah informasi tentang jenis sertifikat property yang bisa anda ketahui agar anda tidak tertipu ketika melakukan jual beli property nantinya. Ada banyak hal yang harus anda ketahui saat jual beli, hal ini agar anda bisa menghindari penipuan yang sudah merajalela, terima kasih.

Faizah Alfaza

Faizah Alfaza

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
Butuh Bantuan?
×
_

Haii! Butuh Informasi Cara Iklan atau Tukar Link Silahkan Chat Kami, Jangan Lupa Like dan Share Fanspage Kami. Thanks